Peluang usaha

BISNIS DAN PELUANG USAHA TINTA  SPIDOL WHITEBOARD REFILL 

Sebelum kami menjelaskan lebih lanjut mengenai bisnis dan peluang usaha tinta spidol whiteboard refill SUMMERSON, kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai tinta SUMMERSON. Tinta spidol whiteboard SUMMERSON adalah tinta yang di pakai untuk isi ulang (refill) spidol whiteboard ( papan tulis putih), atau biasa di kenal dengan nama tinta spidol boardmarker.

Tinta spidol SUMMERSON di tujukan untuk mengurangi beban biaya penggunaan tinta spidol whiteboard yang cukup tinggi di sekolah, lembaga pendidikan, dan instansi secara umum. Tinta spidol whiteboard Summerson bisa di pakai sebagai alternatif yg lebih hemat untuk isi ulang spidol boardmarker Snowman BG-12 dan  Artline 500.

Tinta spidol whiteboard Summerson di produksi dalam negeri (CV PUTRA SURYA ABADI) secara professional oleh ahli kimia yang handal di bidangnya , menghasilkan tinta whiteboard dengan harga yang murah dan terjangkau, tapi memiliki kualitas yang baik, tinggi dan bersaing dengan produk impor yang ada di pasaran

Bisnis dan peluang usaha tinta spidol whiteboard
Bisnis dan peluang usaha tinta spidol whiteboard

LATAR BELAKANG PEMAKAIAN TINTA REFILL SPIDOL WHITEBOARD DI INDONESIA

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini, sebagian besar sekolah di indonesia telah beralih ke penggunanaan whiteboard ( papan tulis putih) dan spidol whiteboard (boardmarker) sebagai sarana menulis karena lebih minimal dampak terhadap kesehatan murid dan guru di bandingkan dengan penggunaan kapur dan papan tulis hitam (Blackboard). Partikel kapur di ruang kelas sering menyebabkan gangguan pernapasan, dan endapan partikel kapur di paru paru bisa menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang yang berbahaya.

Akan tetapi penggunaan tinta spidol memang akan mengakibatkan biaya operasional sekolah lebih tinggi di bandingkan dengan kapur. Namun hal ini disebabkan karena tinta spidol yang umum di pakai di sekolah / lembaga pendidikan saat ini adalah produk impor atau produk lisensi yang harganya sangat tinggi dan di kemas dalam botol kecil yang sangat tidak ekonomis.

Kalaupun ada produk lokal lainnya,  tinta spidol produksi lokal/rumahan ini memiliki kualitas yang masih di jauh di bawah standar, sering membuat spidol rusak , sering kering dalam kemasan, tidak pekat, susah di hapus ,dan masih mengandung TOLUENE DAN XYLENE (pelarut kimia murah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan). Hal ini di karenakan kebanyakan produksi rumahan ini tidak memiliki standar produksi yang baik, tidak memiliki staff kimia yang melakukan pengujian tinta setelah produksi, tidak memiliki kualitas standar purnajual yang baik, dan tidak memiliki izin usaha yang berbadan hukum.

Untuk menjawab semua tantangan tersebut,  tinta spidol whiteboard Summerson menjadi solusi yang tepat bagi sekolah dan lembaga pendidikan yang menginginkan penghematan biaya penggunaan tinta spidol whiteboard, tapi dengan kualitas tinta yang tinggi, memadai, dan tidak menggunakan pelarut kimia yang terbukti merusak kesehatan.

Dari sini pula, muncul bisnis dan peluang usaha tinta spidol whiteboard yang sangat menjanjikan, yaitu peluang usaha untuk pemasaran dan keagenan/ distributor tinta spidol whiteboard isi ulang dengan harga murah dan berkualitas tinggi yang di produksi dalam negeri secara professional dan di dukung  oleh ahli kimia yang handal di bidangnya.

 

PANGSA PASAR BISNIS TINTA SPIDOL WHITEBOARD ISI ULANG

Berdasarkan survey tahun 2017, terdapat kurang lebih 300.000 sekolah dari jenjang SD sampai SMA di Indonesia (merujuk data dari Kemendikbud tahun 2017). Sesuai data yang kami dapatkan, sekitar 60% -75% dari sekolah di Indonesia sudah beralih ke penggunaan whiteboard,maka dapat di lihat bahwa  pangsa pasar untuk tinta isi ulang spidol ini bisa mencakup 180.000 – 225.000 sekolah, dan ini merupakan jumlah yang sangat luar biasa.

Peluang usaha dan bisnis  tinta spidol whiteboard refill ini sangat menjanjikan karena:

  1. Tinta refill  spidol whiteboard adalah kebutuhan utama di seluruh lembaga pendidikan dalam kegiatan belajar  dan mengajar yang di pakai secara rutin setiap harinya.
  2. Permintaan untuk tinta refill spidol ini juga selalu akan mengalami peningkatan di dukung oleh perkembangan dunia pendidikan yang sangat pesat (terbukti dari semakin banyaknya sekolah yang beralih dari penggunaan kapur ke tinta spidol whiteboard), dan peningkatan jumlah sekolah dan jumlah siswa di indonesia yang semakin tinggi setiap tahunnya. Berdasarkan data yang kami miliki, rata rata peningkatan jumlah sekolah di indonesia adalah 30% dalam 7  tahun terakhir ini. (Tahun 2010 terdapat 200.000 sekolah, dan tahun 2017 terdapat 300.000 sekolah). Hal ini  sudah tentu berdampak pada  kegiatan belajar mengajar yang semakin banyak, dan kebutuhan sarana tulis menulis seperti tinta spidol whiteboard pun akan naik seiring pertambahan sekolah.
  3. Bisnis tinta spidol literan ini  masih berada dalam tahap awal,dan belum banyak produk tinta spidol lokal lain yang berkualitas di pasaran.
  4. Terlebih lagi, di tengah perekonomian global yang semakin sulit ini, dan di hentikan nya Bantuan Operational Pendidikan (BOP) sejak tahun 2015 ini, kami yakin akan semakin banyak sekolah yang beralih ke penggunaan tinta isi ulang spidol whiteboard Summerson yang harganya jauh lebih ekonomis dengan kualitas yang tetap bersaing dengan produk impor.
  5. Berdasarkan data yang kami kumpulkan, dapat di perkirakan bahwa tiap sekolah memakai sekitar 250 ml sampai 500 ml tinta per bulan nya ( untuk sekolah yang memiliki kisaran 7- 15 kelas). Kami berharap tiap distributor bisa menguasai minimal 0.25% dari pangsa pasar 225.000 sekolah di seluruh Indonesia, atau sekitar 500 sekolah dari wilayah yang mereka kuasai dalam kurun waktu 1 -2 tahun.
    Dengan jumlah ini saja, tiap distributor bisa mendapatkan omzet sekitar 36 -72 juta per bulan nya (dengan asumsi penjualan tinta per bulan berkisar 125-250 Liter).Namun Ini hanya target awal, kami yakin seiring waktu dan semakin banyak sekolah yang beralih ke whiteboard, dalam 2-3 tahun, kami berharap tiap distributor bisa menguasai sedikitnya 500 sampai 1000 sekolah.

POTENSI PENGHASILAN BAGI AGEN DAN DISTRIBUTOR TINTA SPIDOL

Kami akan memberikan discount bagi para reseller atau distributor antara 40%-55% sesuai dengan minimum kuantiti dari order yang mereka lakukan. Penjualan tinta spidol whiteboard Summerson memberikan keuntungan yang lebih besar dari pada penjualan tinta impor atau tinta lokal merk lain yang beredar di pasaran. Menurut data pasar yang kami kumpulkan, jumlah pemakaian tinta spidol untuk tiap sekolah per bulan nya sekitar 250- 500 ml (ini untuk sekolah yang memiliki kurang lebih 7-15 kelas) .

Untuk perhitungan kasar /bruto , anggap setiap sekolah memakai isi ulang tinta spidol sekitar 250 ml atau 1/4  liter  per bulan ( untuk sekolah yang memiliki 7-15 kelas), dan tinta spidol Summerson di jual dengan kisaran harga  rp.290.000 -350.000 per liter ke sekolah. Bila tiap distributor bisa mendapatkan paling sedikit 500 sekolah dalam kurun waktu 1-2 tahun, maka target pendapatan anda bisa berkisar antara  18- 22 juta per bulan nya. Ini jumlah yang sungguh masih sangat kecil, karena mengingat jumlah sekolah dan lembaga pendidikan di Indonesia ada 300.000.

Bisnis dan Peluang usaha tinta spidol ini sangat cocok untuk semua orang, baik pebisnis/pedagang yang sudah lama berbisnis di bidang penyediaan alat tulis kantor (ATK) dan buku untuk sekolah, para guru dan staff sekolah yang memiliki kemauan untuk berbisnis, maupun para pemain baru yang ingin mencoba mengembangkan jiwa kewiraswastaan nya.

Penghasilan dan kentungan yang di dapatkan sangat menjanjikan. Hanya dengan modal kecil (sekitar 1-2 juta), anda sudah bisa mulai mencoba bisnis tinta isi ulang spidol ini. Yang di utamakan adalah Niat dan kegigihan untuk mencoba usaha pemasaran tinta spidol ini. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Untuk memupuk jiwa kewirausahaan, kami juga membuka kesempatan kerjasama bagi pengusaha perorangan atau perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat tulis kantor (ATK) yang ingin mengembangkan produk tinta whiteboard dengan merk dan brand mereka sendiri.  Dalam hal ini, kami akan menjual tinta spidol whiteboard curah (tanpa MERK Summerson) dalam kemasan jerigen 5 liter, 10 liter, 20 liter dan 30 liter. Ini sistem yang biasa di kenal dengan nama makloon,maklun, atau OEM tinta refill spidol whiteboard. Kami bisa melayani customer dari berbagai skala mulai dari pengusaha perorangan yang memiliki toko dan menjual alat tulis kantor secara retail, eceran, atau grosir , pengusaha pemasok dan supplier ATK langsung ke lembaga pendidikan dan instansi, sampai dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor dan importir alat tulis kantor.

Untuk keterangan lebih lanjut  mengenai keuntungan menjadi mitra kami,klik di sini

Hubungi kami langung untuk mendapatkan informasi harga discount yang kami berikan untuk mitra agen dan distributor tinta spidol Summerson