Apakah satu merk tinta spidol whiteboard boleh di pakai untuk semua Spidol?

Jawabannya adalah TIDAK.

Apakah Anda sering mengisi ulang spidol whiteboard dengan tinta isi ulang nya, dan hasilnya adalah tinta yang keluar berwarna bening, dan spidol rusak total? Ini tanda dari tipe tinta spidol whiteboard yang anda beli tidak sesuai dengan spidolnya.

Hal ini di sebabkan banyaknya  tipe tinta spidol whiteboard yang di jual di pasaran dengan dasar pelarut tinta yang berbeda, dan penggunaan tinta isi ulang spidol yang tidak tepat, dapat menyebabkan spidol rusak total. Kurangnya edukasi dari sisi produsen tinta spidol whiteboard, dan  kurangnya pemahaman akan hal ini dari sisi penjual, menyebabkan kerugian dari pihak konsumen.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, ada baiknya kami ulas sebentar mengenai spidol whiteboard dan berbagai tipe tinta nya.

Spidol whiteboard, biasa di kenal dengan juga dengan nama Boardmarker adalah spidol yang di pakai untuk menulis di whiteboard, dan dapat di hapus dengan mudah setelah tulisan kering di papan tulis whiteboard (Dry wipe Erasable Ink). Tinta isi ulang spidol whiteboard yang berkualitas  biasa mudah di hapus kalau di pakai untuk menulis di permukaan yang tidak berpori (non porous surface) seperti papan whiteboard, plastik, kaca, melamine, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi, tinta spidol whiteboard berkualitas, tidak akan merusak mata spidol dan whiteboard, lancar untuk menulis, dan tidak mengandung pelarut tinta berbahaya seperti  TOLUENE DAN XYLENE. Tinta spidol berkualitas juga biasanya akan mudah di bersihkan dari tangan dengan sedikit sabun dan air.

 

Tipe spidol whiteboard berdasarkan pelarut tinta

Ada tiga tipe spidol whiteboard berdasarkan pelarut  tinta nya.  Tiga yang paling umum beredar di Indonesia  adalah :

  1. Spidol whiteboard dengan tinta yang berbahan dasar pelarut SOLVENT
  2. Spidol whiteboard dengan tinta yang berbahan dasar pelarut TOLUENE (pelarut kimia yg berbahaya)
  3. Spidol whiteboard dengan tinta yang berbahan dasar pelarut ALKOHOL

 

Tinta spidol whiteboard dengan pelarut SOLVENT

Tinta Spidol whiteboard dengan bahan dasar SOLVENT  lebih mudah dan lebih umum di temukan di pasaran. Tinta Spidol whiteboard  yang menggunakan  pelarut Solvent memiliki ciri khas warna yang lebih terang dan memiliki aroma yang mirip dengan cairan pembersih cat kuku wanita (kutek )  yang biasa di jual di pasaran.

Kelebihan tinta spidol whiteboard dengan pelarut SOLVENT ini adalah :

  1. warna yang lebih cemerlang
  2. harga yang relatif terjangkau
  3. lebih aman untuk kesehatan.
  4. Pelarut tinta nya tidak merusak busa dan spidolnya.

Tinta spidol dengan pelarut  SOLVENT  ini lebih aman untuk kesehatan karena  pelarut ini tidak terbukti merusak kesehatan dalam jangka panjang, dan tidak berbahaya bila tersentuh kulit manusia. Oleh sebab itu tipe pelarut Solvent ini,selain di pakai sebagai pelarut tinta spidol whiteboard,  juga biasa di pakai di pelarut cat kuku, cairan penghapus cat kuku, kosmetik ,dan parfum . Spidol whiteboard dengan tipe tinta yang mengandung pelarut SOLVENT  ini adalah tipe yang paling umum di jual dan di temukan di pasaran dalam negeri.

Tinta spidol whiteboard dengan pelarut TOLUENE

Tinta Spidol whiteboard dengan bahan dasar TOLUENE, memiliki  ciri khas aroma yang mirip dengan lem kayu dan besi  (lem serbaguna)  yang biasa di pakai dan di temukan di pasaran. Cairan kimia Toluene ini ini memiliki aroma yang menyenangkan dan memabukkan sehingga kerap di salahgunakan sebagai  obat rekreasi (psikotropika) , atau biasa di kenal dengan istilah “ngelem” di kalangan anak muda.

Hal ini tentunya patut mendapat perhatian lebih dari pihak sekolah, karena besar kemungkinan tinta spidol whiteboard dengan pelarut TOLUENE  ini bisa di salah gunakan oleh murid sebagai obat psikotropika. Fenomena dan kebiasaan berbahaya “ngelem” ini sangat mudah terjadi di kalangan siswa muda di sekolahan. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan,  karena pelarut TOLUENE ini terbukti bisa membahayakan kesehatan jika di gunakan dalam jangka panjang. Efek jangka panjang yang fatal dari pelarut ini adalah kerusakan saraf otak dan kematian.

Namun sayang sekali, pelarut Toluene ini masih sering kali di gunakan untuk produksi tinta whiteboard karena harganya yang sangat murah. Biasanya tinta refill spidol whiteboard yang menggunakan TOLUENE  ini adalah produk rumahan yang tidak memiliki pengetahuan dalam mengenai kimia dan dampaknya terhadap kesehatan. Selain merusak kesehatan, tinta spidol yang mengandung Toluene ini bisa merusak spidol nya sendiri karena pelarut tipe Toluene ini bisa merusak bahan plastik dari spidolnya dan mata spidolnya sendiri.

Tinta spidol whiteboard dengan pelarut ALKOHOL

Tinta Spidol whiteboard dengan bahan dasar ALKOHOL memiliki ciri khas bau alkohol seperti cairan yang biasa di pakai Dokter untuk membersihkan kulit pasien dari kuman sebelum di suntik di klinik kesehatan ataupun rumah sakit. Tinta alkohol memiliki warna yang kurang pekat, dan harga nya sangat tinggi. Spidol dengan tipe alhohol ini kurang populer di Indonesia, agak jarang di temukan di pasaran, karena harganya yang mahal, dan performa untuk menulis yang tidak sebagus spidol whiteboard dengan pelarut SOLVENT

Kenapa ketiga tipe tinta whiteboard ini tidak boleh di campur satu sama lain?

Ketiga tipe tinta spidol whiteboard ini berbeda dari segi kimiawi pelarut nya. Kalau di campur satu dengan yang lain, bisa menyebabkan tinta rusak , membuat spidolnya sendiri  tersumbat, dan tulisan yang di hasilkan di papan tulis putih menjadi putih bening.

Jika anda pernah mengisi spidol whiteboard Anda dengan tinta yang tidak sesuai, dan waktu di pakai menulis di papan tulis putih, tintanya yang keluar bening, ini tandanya tinta refill yang anda pakai untuk isi ulang tidak sesuai dengan spidol yang di pakai. Jika anda pernah mengalami hal ini, maka buang saja spidol yang sudah rusak tersebut, jangan di isi ulang dengan tinta whiteboard apa pun lagi, karena spidol tersebut sudah rusak total dan tidak akan bisa di pakai untuk menulis lagi.

Hal ini di karenakan setiap bahan baku dalam formulasi tinta spidol whiteboard itu sangat unik secara kimiawi dalam formulasinya. Efek dari mencampur satu tipe tinta dengan tinta lain, bisa merusak kelarutan bahan bahan kimia dalam tinta tersebut, yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan tinta secara total.

Akhir kata , sebelum membeli tinta isi ulang spidol whiteboard, perhatikan dan baca dengan jelas keterangan yang tertera di label tinta refill spidol whiteboard nya. Pastikan untuk selalu menggunakan tipe tinta refill spidol whiteboard yang cocok dengan tipe spidol yang anda pakai. Tinta refill spidol whiteboard yang berkualitas (SUMMERSON dan KAYATA) akan selalu mencantumkan tipe spidol yang cocok untuk pemakaian nya.

Tipe Tinta Spidol whiteboard Solvent
Tipe Tinta Spidol whiteboard Solvent -murah dan berkualitas Summerson
Tipe Tinta Spidol Whiteboard Solvent
Tipe Tinta Spidol Whiteboard Solvent – murah dan berkualitas KAYATA 1 Liter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *