7 Alasan bisnis tinta spidol whiteboard refill buatan lokal sangat menjanjikan

Sebelum kami menjelaskan keuntungan bisnis tinta spidol, ada baiknya kami jelaskan sekilas apa itu Tinta isi ulang Spidol Whiteboard. Tinta spidol whiteboard adalah tinta yang biasa di pakai untuk isi ulang spidol whiteboard/papan tulis putih. Spidol Whiteboard (atau biasa di kenal dengan nama Boardmarker) adalah spidol yang biasa di gunakan guru dan murid  dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan whiteboard atau papan tulis putih sebagai sarana presentasi.

Namun kebanyakan spidol dan tinta spidol yang beredar di pasaran indonesia adalah produk impor yang harganya sangat mahal dan tidak ekonomis. Bermula dari sinilah, tinta spidol refill  lokal yang di kemas dalam kemasan ukuran besar atau literan ,  menjadi solusi yang tepat bagi sekolah dan lembaga pendidikan yang merasa tinta isi ulang spidol yang mereka pakai sekarang sangat mahal. Dan tentunya, walaupun dengan harga yang murah , sekolah tetap menginginkan tinta spidol dengan kualitas dan mutu yang tinggi dan bersaing dengan tinta spidol impor.

Tinta refill spidol lokal yang murah dan berkualitas tinggi  seperti tinta spidol Summerson dan KAYATA menjadi solusi utama dari mahalnya tinta spidol impor ini. Dari sini pula, tinta refill spidol kemasan literan buatan lokal ini melahirkan peluang bisnis baru yang sangat menjanjikan.

7 keuntungan dari bisnis tinta spidol whiteboard isi ulang Summerson dan Kayata:

  1. Pangsa pasar (market) bisnis tinta spidol whiteboard refill yang sangat besar, mengingat indonesia memiliki sekitar 300.000 unit sekolahan per tahun 2017 (Merujuk dari data Kemendikbud tahun 2017). Jumlah ini belum termasuk universitas, kursus, bimbingan belajar (bimbel), dan lembaga pendidikan lainnya. Sekitar 75% dari total sekolah di Indonesia (sekitar 225.000 unit sekolah) sudah memakai whiteboard sebagai sarana belajar mengajar di setiap kelasnya.
    Berdasarkan data yang kami kumpulkan, dapat di perkirakan konsumsi isi ulang tinta spidol per sekolah paling sedikit sekitar 250 ml – 500ml tiap bulannya ( jumlah pemakaian berbeda berdasarkan besar kecil nya sekolahan). Namun dari ini saja, dapat di perkirakan bahwa tiap tahunnya pemakaian tinta refill spidol whiteboard bisa berkisar 900.000 liter per tahun dengan pangsa pasar berkisar antara Rp.202 Miliar – Rp.405 Miliar per tahun.
  2. Potensi pendapatan bisnis tinta spidol yang sangat menjanjikan. Merujuk dari data sebelumnya, rata rata sekolah memakai tinta spidol sebanyak 250 ml per bulan (untuk sekolah yang memiliki kurang lebih 7-15 kelas). Jumlah pemakaian ini tentu lebih besar untuk sekolah dengan jumlah kelas di atas 15 unit per sekolah.
    Dengan harga jual tinta spidol Summerson yang berkisar antara rp.290.000-350.000 per liter, dan bila tiap agen/ distributor tinta spidol bisa mendapatkan paling sedikit 500 sekolah dalam kurun waktu 1-2 tahun, maka target pendapatan tiap agen dan distributor bisa berkisar antara  18 – 22 juta per bulan nya. Ini jumlah yang sungguh masih sangat kecil, karena mengingat 500 sekolah hanya 0.25% dari 225.000 unit sekolah di indonesia yang sudah memakai whiteboard (papan tulis putih) sebagai sarana presentasi.
  3. Persentasi keuntungan/laba yang jauh lebih besar daripada menjual tinta refill  impor yang sudah umum di pasaran. Penjualan refill spidol whiteboard buatan dalam negeri bisa mengantongi keuntungan minimum sebesar 45%-55%, di bandingkan dengan keuntungan penjualan tinta refill spidol impor yang hanya berkisar 10%-15%.
  4. Tinta spidol whiteboard adalah kebutuhan utama di  sekolah dan lembaga pendidikan . Dalam kegiatan belajar  dan mengajar di sekolah, tinta refill spidol di pakai secara rutin setiap harinya. Tinta spidol whiteboard ini dapat di ibaratkan amunisi yang di perlukan oleh guru untuk mengajar murid setiap harinya. Kerutinitas dan banyaknya pemakaian tinta refill spidol setiap harinya  ini yang membuat prospek bisnis tinta spidol ini juga akan sangat stabil dan berkesinambungan di jangka panjang.
  5. Permintaan sekolah atas tinta spidol ini juga selalu akan mengalami peningkatan. Hal ini tentunya di dukung oleh perkembangan dunia pendidikan yang sangat pesat, serta peningkatan jumlah sekolah dan siswa di indonesia yang semakin tinggi setiap tahunnya.Berdasarkan data yang kami miliki, rata rata peningkatan jumlah sekolah di indonesia adalah 30% dalam 7  tahun terakhir ini. (Dari  200.000 sekolah di tahun 2010 sampai 300.000 sekolah di tahun 2017).
    Hal ini di sebabkan karena jumlah pertambahan penduduk Indonesia yang semakin tinggi dalam 10 tahun terakhir ini.Pertambahan populasi yang pesat ini tentu akan memicu semakin banyaknya murid sekolah, yang pada akhirnya berdampak ke peningkatan jumlah sekolah di Indonesia. Hal ini  sudah tentu berdampak pada  kegiatan belajar mengajar yang semakin banyak, dan kebutuhan sarana tulis menulis seperti tinta spidol whiteboard pun akan naik seiring cepatnya pertambahan sekolah.
  6. Bisnis tinta spidol literan ini  masih berada dalam tahap awal, dan belum banyak produk kompetitor tinta spidol lokal lain yang berkualitas di pasaran. Tinta refill spidol Summerson dan Kayata di produksi dalam negeri (CV Putra Surya Abadi) menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan standar produksi yang baik. Hasilnya adalah tinta spidol bermutu tinggi dengan harga yang murah dan hemat. Hal ini tentu menjadi standar kualitas yang di inginkan baik oleh customer pemakai langsung atau pun agen dan distributor yang memasarkan dan menjual produk tinta spidol Summerson/ Kayata.
  7. Perekonomian global yang semakin sulit ini, dan di hentikan nya Bantuan Operational Pendidikan (BOP) sejak tahun 2015. Kedua hal ini tentunya  akan membuat operator sekolah untuk mulai berpikir untuk menghemat anggaran sekolah terutama untuk kebutuhan utama seperti isi ulang tinta spidol whiteboard. Dari sini pula, dapat di pastikan semakin banyak sekolah yang akan beralih ke penggunaan tinta isi ulang spidol whiteboard lokal seprti SUMMERSON dan KAYATA yang harganya jauh lebih hemat dan murah dengan kualitas tinggi yang tetap bersaing dengan produk impor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *