Ikuti 5 cara ini supaya spidol awet dalam pemakaian

Spidol whiteboard ( boardmarker ) dan tinta isi ulang nya adalah perangkat utama yang di gunakan oleh guru di sekolah dan lembaga pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari nya. Untuk menghemat biaya , sekolah tentu nya akan  menggunakan isi ulang tinta spidol berkualitas untuk mengurangi spidol yang harus di buang setiap kali pemakaian. Spidol whiteboard dengan pemakaian yang wajar bisa di isi ulang atau di refill sekitar  10-15 kali, atau bahkan lebih. Berikut  akan kami berikan beberapa kiat untuk membuat pemakaian spidol lebih awet.

5 tips untuk menjaga supaya spidol awet dalam pemakaian

1. Gunakan tinta refill spidol yang sesuai dengan tipe spidolnya

Ada dua tipe umum Spidol whiteboard yang beredar di pasaran : tipe Solvent dan tipe Alkohol. Tinta yang lebih umum di pakai adalah yang berdasar tinta Solvent. Penggunaan tinta refill dengan spidol whiteboard  yang tidak sesuai bisa menyebabkan  spidol rusak total. Baca petunjuk pemakaian tinta isi ulang spidol dengan seksama.

2. Gunakan isi ulang tinta spidol berkualitas.

Tinta spidol whiteboard adalah tinta yang sangat rumit dalam formulasi dan produksi. Produksi dan formulasi tinta spidol tidak semudah hanya mencampur pelarut kimia dan pewarna. Proses produksi tinta spidol sangat komprehensif, rumit, dan butuh pengetahuan yang mendalam dalam riset formulasi dan proses produksi. Maka dari itu, tinta spidol berkualitas yang umum beredar di pasaran kebanyakan adalah tinta spidol impor yang harganya sangat tinggi.

Namun,  sekarang ini banyak sekali beredar tinta isi ulang produksi rumahan yang beredar di pasaran.Tinta isi ulang produksi rumahan bisa mudah merusak spidol karena formulasi  yang tidak benar, dan produksi serta kualitas kontrol yang tidak sesuai standar. Penggunaan tinta produksi rumahan ini  akan mudah membuat spidol mampet, kering , dan cepat rusak.  Hal ini di sebabkan oleh kurangnya penelitian mengenai proses pembuatan tinta refill atau isi ulang spidol yang baik.

CV Putra Surya Abadi , sebagai produsen tinta spidol dalam negeri yang berpengalaman,  memproduksi  tinta spidol berkualitas tinggi merk Summerson dan Kayata . Penggunaan tinta spidol produksi lokal yang murah dan bermutu seperti tinta  Summerson atau Kayata ,selain awet dalam pemakaian spidol, juga jauh lebih hemat (50%-75% lebih hemat) di bandingkan dengan pemakaian  tinta impor. Hal ini di karenakan tinta spidol Summerson dan Kayata di produksi secara professional dalam negeri, dan di kemas dalam kemasan ukuran besar yang sangat hemat dan ekonomis.

Tinta Spidol berkualitas Kayata
Tinta Spidol berkualitas Kayata
TINTA SPIDOL BERKUALITAS
TINTA SPIDOL BERKUALITAS SUMMERSON

3. Pasang kembali tutup spidol setelah di pakai.

Semua tinta spidol whiteboard pasti akan kering kalau lama tidak di tutup setelah pemakaian, baik itu yang berdasar Solvent atau Alkohol.  Terkadang spidol juga di pakai oleh murid untuk menulis di papan tulis putih. Perhatikan dan himbau murid untuk selalu disiplin dalam menutup spidol setelah pemakaian. Pemakaian spidol yang disiplin sudah pasti akan memperpanjang umur dari spidol

4. Simpan spidol dalam suhu ruangan yang wajar, dan jauhkan dari sinar matahari.

Spidol yang sering terjemur matahari tentu akan membuat tinta di dalam spidol cepat kering sehingga memperpendek umur spidol. Radiasi matahari yang  sangat kuat juga bisa membuat tinta di dalam spidol rusak sehingga kualitas tulisan akan berkurang, dan spidol akan cepat mampet, kalau spidol di jemur di bawah terik matahari untuk jangka waktu yang panjang.

5. Selalu simpan spidol dalam posisi horizontal ketika tidak di gunakan.

Posisi Penyimpanan Spidol yang benar dan salah
Posisi Penyimpanan Spidol yang benar dan salah

Hal ini akan memastikan supaya tinta selalu tersebar merata di dalam busa spidol, dan tidak menumpuk secara tidak merata di salah satu ujung spidol, baik di mata spidol atau pun di ujung belakang spidol. Penumpukan tinta yang tidak merata ini bisa menyebabkan ujung mata spidol tersumbat atau cepat kering.

Kami harapkan tips ini bisa membantu para guru dan pendidik untuk memperpanjang umur spidol, sehinggal bisa lebih hemat dalam pemakaian, yang akhirnya akan menekan biaya operasional sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Namun pada umum nya semua produk, spidol juga pasti memiliki umur tersendiri. Kalau spidol sudah di pakai untuk isi ulang sekitar 6-7 bulan, atau ujung mata spidol sudah mekar , tentu sudah waktunya untuk ganti spidol. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *